Sabtu, 02 Oktober 2010

IABSD (1)

 
1. Ilmu Alamiah, Budaya dan Sosial itu Penting !
Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Budaya Dasar (IBD) dan Ilmu Sosial Dasar (ISD) merupakan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) di perguruan tinggi.Sejalan dengan pengembangan kurikulum pendidikan tinggi yang mengacu kepada otonomi pendidikan maka perguruan tinggi diberikan hak untuk memilih 5 dari 7 MKDU yang tersedia.  Hasilnya ada perguruan tinggi hanya memilih satu diantara tiga jenis ilmu dasar ini, bahkan ada yang tidak lagi mengajrkannya kepada mahasiswanya.

Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatun Najah memandang bahwa ketiga jenis ilmu dasar tersebut penting. Bahkan keseluruhan dari 7 MKDU yang disediakan itu dianggap sama pentingnya, sehingga diputuskan untuk menyajikan seluruh MKDU tersebut, namun tetap dalam 5 mata kuliah, sehingga dihasilkanlah formula baru mata kuliah yakni IAD-IBD-ISD, akhirnya mata kuliah ini lebih dikenal civitas akademika STAI Madinatun Najah dengan IABSD, singkatan dari Ilmu Alamiah, Budaya, Sosial Dasar.STAI Madinatun Najah menganggap IABSD ini urgen adalah: 

a.   Ilmiah, budaya dan sosial merupakan 3 sumber utama asal muasal ilmu pengetahuan.
b.   Ilmiah, budaya dan sosial sangat diperlukan bagi calon sarjana pendidikan/kemasyarakatan.
c.    Untuk dapat ikut mengelinding bersama globalisasi ke depan tidak ada pilihan lain sarjana harus mempunyai basic ilmu ilmiah, budaya dan sosial.

Kebijakan penggabungan 3 mata kuliah menjadi IABSD memunculkan tantangan:
a.   Perlu penelaahan lanjutan terhadap materi kuliah yang  disajikan, sebab ketiga ilmu itu tidak hanya masing-masing berdiri sendiri, tapi juga harus digabungkan. Misalnya pada materi pengenalan alam raya, tidak hanya lepas sebagai materi ilmiah dasar, tapi juga harus dibahas pengaruh alam raya terhadap budaya dan juga terhadap sosial.
b.   Tantangan semakin besar karena  IABSD diajarkan di STAI Madinatun Najah yang mengasuh jurusan pendidikan Islam, artinya Ilmiah, budaya dan sosial tersebut juga dikontekskan dengan ilmu pendidikan dan Islam.
c.    Buku-buku IABSD yang membahas pendidikan dan Islam masih sangat langka.   


2 komentar:

  1. Sebenarnya IABSD yang Bapak Ajarkan memang dasar tapi setelah kami telaah lebih jauh mengenai materi ini kami dapat menambah wawasan ilmu tentang budaya, yg mungkin sebelumnya tidak pernah di pelajari di bangku sekolah.

    BalasHapus
  2. Terimakasih rekan-rekan KTSP MTS dan prog. MTS Nurul Jumah, mohon kritik dan aarannya....

    BalasHapus